Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

membuat biling wifi hotspot

Kamis, 07 Juli 2011


Internet Hotspot / Wi-Fi untuk saat ini sangat banyak di gunakan, tapi ada banyak kendala yang dihadapi ketika anda menyediakan fasilitas internet gratis ini, di antaranya terbatasnya interaksi penyedia hotspot-wifi dengan user pelanggan, ini menyebabkan pelanggan akan bebas menggunakan fasilitas ini dimana saja yang jelas signal wi-fi atau hotspot anda ada, artinya pelanggan bisa menggunakannya bukan pada tempat / area yang anda inginkan. padahal wi-fi / hotspot yang anda tawarkan adalah fasilitas dari cafe/resto yang anda buat.
Solusi yang paling sederhana untuk memaksimalkan penggunaan cafe hotspot maupun warkop adalah dengan memasang key pada hotspot anda. ini minimal bisa membuat adanya interaksi dengan pelanggan yang ada. tetapi kekurangannya adalah anda mesti mengganti key acces point paling tidak setiap hari.


Bagi saya solusi yang paling menarik adalah ada mesti menggunakan softaware khusus atau untuk ini baik menggunakan Os mapun software seperti billing (antamedia billing) ataupun menggunakan Mikrotik OS. Untuk mikrotik and bisa membuat sebuah router sederhana namun handal untuk :
  1. Management bandiwidth (Membagi bandwidth accsess kecepatan tiap pelanggan user, jadi tiap pelanggan mempunyai jatah kecepatan access internet yang sama)
  2. Pasang Firewall (Meminimalis penggunaan tools seperti netcut, chain abel dan sejenisnya sehingga Hotspot yang anda sediakan aman dari pencurian username maupun password)
  3. Membuat Capital Portal atau menu login ( Inilah yang saya maksud dengan interaksi antara user hotspot dengan penyedia, anda bisa memberikan semacam website / pengumuman dan semacamnya kepada pelanggan/user wi-fi anda baik berupa menu/ harga mapun harga voucher seandainya wi-fi anda berbabayar.
  4. Disamping Fasilitas diatas anda bisa melakukan block alamat website yang menurut anda tidak penting seperti content porno dan lain-lain sebagianya.
Untuk langkah – langkah pengerjaannya silahkan anda mencarinya di internet, ada puluhan cara untuk mengoprek Mikrotik maupun menggunakan antamedia. Jika anda kesulitan mungkin saya bisa membantu. 



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar